The Achmadis

Click for Wellington, New Zealand Forecast

Tuesday, March 21, 2006

New Zealand Institute of Architects Incorporated (NZIA Inc) – Graduate Member

Tadi siang gue terima map yg berisi konfirmasi jadi anggota NZIA Graduate Member! Satu langkah mendekati registrasi Arsitek :). Sekedar info, penggunaan istilah “Arsitek” di NZ dilindungi hukum, artinya hanya orang2 yg teregistrasi oleh NZRAB (New Zealand Registered Architects Board) boleh menggunankan istilah professional itu. Kalo gak teregistrasi, mereka cuma boleh menggunakan istilah Architectural Designer, Technician atau Graduate, dan ruang lingkup profesional mereka juga dibatasi di bidang residential atau single unit buildings. Beberapa alasan penerapan sistem yg tegas itu adalah pemerintah menyadari bahwa arsitektur adalah industri yg sangat penting, karena menyangkut kebersihan, kenyamanan, investasi dan keamanan pengguna bangunan … artinya semua orang.

Salah satu tujuan NZIA adalah “To promote excellence in architecture, the acquisition and dissemination of knowledge relating to architecture, ethical conduct in the practice of architecture and the interests of the profession of architecture in New Zealand and overseas.” Kalo diterjemahin, kasarnya, artinya memacu standar yg tinggi, pengetahuan yg mendalam di bidang arsitektur, etika profesional di bidang arsitektur dan bidang2 lain yg berhubungan di NZ dan luar negri.

Sekalipun baru kerja di bawah Registered Architect kurang dari 1 tahun, tujuan diatas kerasa banget. Tuntutan dan standar profesional bener2 tinggi. Tambahan info lagi, sekalipun udah teregistrasi jadi Arsitek, mereka harus tetep ngikutin seminar, dan kursus/ diskusi singkat utk dapetin 1000 poin utk registrasi ulang mereka tiap 5 tahun! Proses yg cape banget dan gak pernah berhenti, tapi juga penting banget peranannya.

Dengan jadi Graduate Member, NZIA ngasih bimbingan hal2 yg penting utk dikuasain utk ngejalanin bisnis di bidang arsitektur, dan gak cuma masalah desain aja, tapi juga etika, administrasi dan managemen kantor, hukum dan kontrak, kerjasama dengan (sub)kontraktor dan asuransi. Terus terang, gue suka ngerasa discouraged musti ngadepin tanggung jawab segitu gede dan luas, tapi kalo dipikir positifnya … orang laen aja bisa jadi aristek, dan mereka nggak py mental breakdown (or at least it doesn’t show :P), dan lagian pengalaman yg gue peroleh gak bisa gue dapetin di Indonesia, that’s why I’m here!

Dari dulu gue penasaran kenapa orang bule py sistem kerja yg bagus … now I know, and want to be part of it.

So … kapan jadi Registered Architect? Secepet2nya taun depan … realitanya mungkin 2 tahun lagi :P … masih ada 2 kelas di bidang hukum dan administrasi yg harus gue ambil, masing2 1 semester, setelah itu ngambil Special Certificate biar gelar di Indo bisa disamain dengan gelar di sini … baru setelah itu ngadepin “the big inquisition” … NZRAB.

The journey of a thousand miles starts with a single step. Lao Tzu, 4BC

:: posted by erika, 12:54 AM