The Achmadis

Click for Wellington, New Zealand Forecast

Sunday, January 07, 2007

Day 5 South Island Holiday - 1 January 2007

New year day!
Hari ini kita ninggalin Christchurch. Setelah check-out jam 10-an kita langsung menuju Arthur's Pass. Christchurch masih juga ujan dan dingin, tapi menurut prakiraan cuaca West Coast harusnya cerah selama liburan kita disana.
Begitu masuk daerah pegungungan keren banget pemandangannya, meskipun masih mendung. Keliatan puncak2 gunungnya ketutupan salju. Setelah 1 jam perjalanan anak2 mulai rewel, jadi berenti di pinggir danau. Dingin banget! Will aja sampe kedinginan. Kan biasanya dia badak! :P Udah gitu lanjut lagi perjalanannya. Ngga lama setelah itu taunya Will pengen poop, untungnya pas ada tanda bahwa bentar lagi ada lodge. Jadilah belok dulu ke Loft Hill Lodge.
Disana ikutan ke WC dan beli Milo sama teh anget. Kebetulan juga disana ada puppy, jadilah anak2 main2 sama puppynya. Yang lucu Nic, dia liat gue gendong puppynya, taunya dia berusaha gendong induknya, tapi ngga bisa. Jadilah dia frustasi sendiri :P. Akhirnya gue kasih puppynya suru dia gendong. Seneng banget dia, dipelukin terus sampe2 kalo puppynya kabur dikit langsung ditarik dan dipeluk lagi sama dia. Bahkan dia sempet digigit puppynya karena puppynya kesel digeret2 melulu :P. Tapi dasar Nic, cuek aja tuh dia.
Dari situ perjalanan kita lanjutin lagi. Langit makin cerah, awan2 mulai pada minggir, dan cuaca menghangat. Ngga panas2 banget sih, namanya aja gunung tempat main ski. Ya sepanas2nya juga tetep aja bersalju :P. Makin lama pemandangannya makin bagus. Lembah dilatarbelakangi gunung yang puncak2nya ketutup salju. Di tengah lembahnya sungai yang airnya jernih mengalir deras ditambah bebatuan dan tanaman liar disekitarnya. Gorgeous! What a breath-taking scenery! Some things photography just cannot capture.
Ngga lama kemudian kita nyampe di Arthur's Pass. Berenti untuk makan siang di Wobbly Weka Cafe. Danu beli Smoked Blue Cod with Salad, gue beli Spicy Calamari with Baby Rocket & Capsicum Salad, dan anak2 dibeliin Ham, Cheese, Tomato Panini. Yum... enak banget! Suasana di cafe sendiri rame banget. Yang tadinya nyetir jarang2 ada mobil begitu daerah cafe keliatan mobil2 dan karavan pada bejubel. Banyak juga turis2 asing, kedengeran dari omongan mereka, soalnya kita ngga ngerti. He..he.. :P Banyakan sih turis dari Eropa gitu. Turis Asia biasanya jarang2 ketempat seperti itu. Biasanya mereka banyak ditemuin di kota2 gede, atau daerah perbelanjaan, atau tempat wisata yang ngga terlalu extreme. Dan datengnya pasti serombongan naik bisa gede. Beda sama turis Eropa atau Amrik yang biasanya nyewa mobil atau karavan dan jalan sendiri2.
Well... back to the story...
Setelah selesai makan anak2 sempet dibeliin lollypop, dan gue beli coklat di toko yang ada di sebrang cafenya. Setelah itu baru deh perjalanan dilanjutin lagi. Kali ini kita nyetir agak lama, tapi setelah itu Will jadi agak2 rewel. Akhirnya kita mutusin untuk berenti dulu di Shantytown.
Shantytown adalah model village jaman dulu pas lagi ada gold rush di West Coast. Begitu nyampe langsung deh ganti baju summer, soalnya cerah dan mulai panas. Yay! :D
Setelah bayar tiket kita langsung masuk. Will dan Nic langsung semangat liat steam engine. Akhirnya kita langsung naik steam engine. Setelah itu kita muter2. Ada stasiun kuno, kantor pos, toko kuno, gereka, sekolah jaman dulu, pokonya lengkap deh, kaya kota kecil. Sempet berenti di tempat jual es krim dan beli es krim. Mmm... enak.
Yang paling merinding sih pas masuk hospitalnya. Soalnya kan dipajang tuh alat2, tempat tidur, meja operasi, dll yang dipake jaman dulu. Hiii... serem deh ngeliatnya. Gue sih literally merinding!
Sebelum pulang anak2 pada main di playground dan liat steam train lewat terakhir kali. Setelah itu, perjalanan dilanjutin ke Westport.
Kira2 1 jam sebelum Westport kita ketemu Punakaiki Pancake Rocks yang penuh diisi karavan, mobil dan bis. Anak2 yang tadinya udah tidur kita bangunin :P... abis kapan lagi kesini?
Tempat ini unik karena tebing yang terkikis ombak selama ribuan tahun bikin layer2 seperti pancake kalau ditumpuk dan lubang2 di karang. Kalau lagi pasang, ombaknya menghempas lobang2 itu dan disemburin keatas, yang dinamakan blowholes. Sayangnya air laut lagi surut, tapi tetep aja tebing karangnya asik dan 'dark' banget!
BTW, menurut Lonely Planet, SH 6, coastal road ini, is top 10 best drive in the world! Dan memang bener, tebing di satu sisi dan laut disisi lain, mulai dari rocky coastline hingga soft sand beaches. Sayangnya kita ngga liat penguin, padahal katanya ada koloni di deket situ.
Setelah nyampe Westport, kita langsung cari Bella Vista Motel dan check-in.
Setelah unpacking kita terus nyari makan malam di Dexarelli's Pizza dan beli sarapan untuk besok pagi di New World. Berhubung tanggal 1 Januari semua restoran lain pada tutup. Jadi nunggu orderan pizza kita butuh waktu 1 jam! :(