The Achmadis

Click for Wellington, New Zealand Forecast

Monday, January 08, 2007

Day 6 South Island Holiday - 2 January 2007

Hari ini kita ninggalin Westport menuju Nelson, tapi detour dulu ke Charleston, sebuah kota kecil di sisi selatan Westport.
Setelah sarapan pie & sausage roll kita check-out sekitar jam 9.30. Di Charleston kita berencana naik Nile River Valley Rainforest Train ... ya, kereta api ... ayo tebak demi siapa? :P Setelah beli tiket ternyata masih ada waktu sekitar 1 jam sebelum keretanya depart. Akhirnya kita main2 air dulu di tepi Nile River. Sungainya sendiri dangkal dan banyak bebatuannya. Di sisi lain tebing batu yg tingginya sekitar 100m menjulang ke atas. Bagus banget pemandangannya, ditambah hari ini matahari bersinar cerah. Dari yg tadinya cuma pengen main di pinggiran aja taunya pada gak tahan pengen nyemplung! Jadilah basah semua :D Gue nyobain bentar, airnya dingiiiiiiin banget kaya air es. Ada kali dibawah 10C. Herannya anak2 sih pada cuek, mereka lempar2an batu kecil, bermain pasir dan ciprat2an air. Akhirnya jam 11 kita udahan. Anak2 ganti baju dan kita balik ke kantor kereta api. Ternyata stasiun keretanya ada di deket tepi Nile River tempat kita main tadi, jadilah kita balik lagi dan langsung nongkrong di stasiunnya.
Gak lama drivernya dateng, dan kita naik gerbong pertama. Lokomotifnya modifikasi mesin Morris, dan gerbongnya terbuka yg ukurannya kecil. Treknya sendiri sekitar 2km panjangnya. Will dan Nic langsung duduk manis di kereta, gak lama maju deh keretanya. Perjalanannya asik banget, ngebelah rainforest yg lush sambil sesekali terlihat tepian sungai. Selama perjalanan juga kedengeran derasan air sungai. So peaceful! Kira2 10 menit kemudian kita nyampe di stasiun satu lagi. Di sini kita bisa turun dan jalan2 di forest ke arah jembatan gantung, atau ke gua yg ada glowworm-nya. Cuma orangnya bilang kalo ke gua agak jauh dan harus naik sekitar 200 anak tangga. Weeks, mati deh! Kalo sendiri gak ada anak2 sih ok aja, tapi ini kan ada anak2, mereka pastinya minta gendong. Akhirnya kita ke jembatan gantung aja. Yg lucu Nic, sekarang ini dia udah gak pengen digendong2, maunya jalan sendiri. Akhirnya dia jalan deh sendiri nyusurin jalan setapak. Tentunya tangannya dipegang. Sekitar 5 menit jalan, ketemu deh jembatan gantungnya. Pemandangannya bagus banget. Sementara itu di sungainya dari kejauhan keliatan para rafter dateng dari hulu sungai. Asik banget keliatannya. Memang perusahaan yg ngelola kereta api itu juga ngelola bisnis adventure. Mereka bikin white water rafting dan in-cave rafting. Pengen juga sih, tapi anak2 mau dikemanain? Hehe :D Well, tunggu mereka gede kali ya, ntar balik lagi ke sini. Danu pernah komentar ttg liburan yg adventurous, "Aduh gak sabar anak2 umur 10. Tapi gue masih 30 tahun aja kaya gini." Hehehe :D Gue juga mau kalo gitu sih!
Setelah asik motret2 dan jalan2 di jembatannya kita balik lagi. Ternyata dalam perjalanan pulang ini, kita sekereta dengan para rafter yg beres rafting tadi. Kita segerbong dengan pasangan suami-istri yg kira2 berumur 50 tahun. Danu nanya2 ttg rafting tadi sama mereka, terus mereka bilang asik banget, malah mereka nyaranin kita utk ngelakuin, soalnya worth it banget kata mereka. Wah jadi tambah semangat nih pengen rafting. Hehehe. Terus pas liat2 ternyata ada juga anak umur 10 tahunan yg abis rafting. Hmm ... ok deh, kalo gitu anak2 umur 10 kita kembali ke Charleston!
Akhirnya kereta nyampe di stasiun semula sekitar jam 1 siang. Dari situ kita langsung menuju Bay House Cafe yg ada di Cape Foulwind. Sekitar 30 menit kemudian baru deh kita nyampe. Kita langsung pesen Bread with Olive Oil utk entree, Seafood Chowder utk Danu, Whitebait Fritter utk gue & Toddler Pack utk anak2 yg isinya toast sandwich, french fries, tomato sauce, pear, nectarine, chocolate button & marshmallow. Sedangkan minumannya beli strawberry soda, orange juice & apple juice. Yum! :) Setelah selesai makan, anak2 main sebentar di taman bermain yg ada di halaman samping. Akhirnya jam 3an kita berangkat ke Nelson.
Perjalanan kali ini ngelewatin gorge yg namanya Buller River Gorge. Pemandangannya bagus banget. Buller river di sisi kecil dan tebing di sisi kanan. Selama perjalanan ini anak2 pada tidur. Setelah 1 jam kita berenti dulu di Murchison utk beli bensin dan minuman dingin. Panas banget soalnya. Pas beli bensin ini, anak2 pada bangun. Di pom bensin sendiri banyak banget yg ngantri, soalnya ini adalah pom bensin terakhir dan di daerah situ. Ngga ada lagi pom bensin selama kurang lebih 100km berikutnya. Jadi ya ngga heranlah banyak banget yg ngantri. Setelah itu kita ngelanjutin perjalanan.
Akhirnya kita nyampe Nelson kira2 jam 6.30. Setelah check-in di Harbourside Motor Lodge kita cari makan di kota. Kita akhirnya mutusin makan di Thai Fusion. Danu pesen Beef & Black Pepper, gue pesen Green Curry, dan utk anak2 Chicken Fried Rice. Makanannya enak, mirip restoran Thai di Wanganui. Utk minumannya kita pesen Strawberry &Mango Tea dan Earl Grey Tea. Setelah kenyang kita kembali ke motel utk istirahat. Another great day!!